Produsen elektronik Sharp terus mendorong potensi generasi muda melalui berbagai aktivitas. Dua diantaranya yaitu Sharp Content Creator Hunt dan Sharp Generator Fest 2024 yang merupakan komitmen untuk pengembangan kompetensi serta kepedulian generasi muda terhadap masa depan.
Menurut Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia Shinji Teraoka, Sharp bukan hanya mengedepankan teknologi dan inovasi tapi juga berkomitmen untuk berkontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat khususnya generasi muda.
“Melalui program CSR seperti Sharp Content Creator Hunt, Sharp Greenerator, Sharp Hydro Heroes yang melatih wirausaha di bidang pertanian serta Sharp Class untuk mendidik siswa SMK menjadi seorang teknisi handal, kami berinvestasi dalam mengembangkan kompetensi anak muda sebagai pelopor perubahan dan keberlanjutan,” katanya.
Sharp Content Creator Hunt merupakan ajang kreasi anak muda untuk Indonesia melalui kompetisi video reels dengan tema “Peran Anak Muda Untuk Indonesia” yang diselenggarakan melalui Instagram. Kompetisi ini telah berhasil menarik perhatian lebih dari 500 peserta yang berasal dari berbagai kota besar di Indonesia.
Dalam kompetisi ini para peserta diminta untuk membuat video reels yang menggambarkan bagaimana peran anak muda dapat memberikan dampak positif bagi Indonesia. Semua video diunggah melalui akun Instagram dengan menggunakan #Sharpcontentcreatorhunt #Sharpsmartphone.
Proses seleksi dinilai dari berbagai aspek seperti kreativitas, teknik pengambilan gambar dan editing, pesan yang disampaikan, dan kesesuaian dengan tema. Para juri yang terdiri dari Muhammad Sadam, seorang Travel Content Creator, Enche Tjin, seorang Youtuber sekaligus fotografer profesional dan Ardy, Head of Product Strategy & AUVI & Smartphone Division Sharp Indonesia.
Telah terpilih delapan orang pemenang yaitu juara 1-3 Mohamad Ercison Al Akbar (Serang), Clarisse Callista Jacob (Jakarta), Bima British Junior (Kutorejo) selain runner up Christoper Ravael Budiono (Jakarta), Gibran Muhammad (Deli Tua), Jose Eldino Purba (Medan), Shenny Dezsetia (Jakarta), dan Vindy Putra Jayanto (Sukoharjo).
Selain kompetisi kreatif, Sharp Indonesia juga fokus pada kepedulian anak muda terhadap pelestarian lingkungan melalui komunitas binaannya Sharp Greenerator. Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-9, Sharp Greenerator menggelar acara Sharp Greenerator Fest 2024 yang berlangsung sukses di Bogor.
Sharp Greenerator Fest 2024 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang urgensi pelestarian lingkungan dan mendorong kolaborasi lintas sektor guna mencapai aksi nyata yang berkelanjutan. Dengan melibatkan berbagai pihak, acara ini berhasil memperkuat komitmen bersama untuk menjaga bumi bagi generasi mendatang.
“Kami melaksanakan kegiatan ini untuk merayakan 9 tahun perjalanan kami. Setiap tahun kami menghadirkan konsep yang berbeda untuk memberikan wawasan lebih luas kepada masyarakat. Festival ini juga menjadi platform bagi komunitas-komunitas untuk berbagi pengetahuan dan mempererat hubungan mereka,” jelas Izzudin, Ketua Pelaksana Sharp Greenerator Fest 2024.
Selain diskusi lingkungan, Sharp Greenerator Fest 2024 juga mempertemukan peserta dari berbagai komunitas lain yang peduli terhadap isu yang sama, memperkuat jaringan, dan mempererat hubungan.
Sharp Indonesia terus berkomitmen untuk mengembangkan generasi muda Indonesia melalui berbagai program yang relevan dengan kebutuhan zaman baik dalam bidang kreativitas digital maupun kepedulian terhadap lingkungan. Melalui Sharp Content Creator Hunt dan Sharp Greenerator Fest 2024, Sharp membuka ruang bagi anak muda untuk berkontribusi secara aktif dalam menciptakan perubahan yang lebih baik bagi Indonesia.
“Sebagai perusahaan yang peduli terhadap perkembangan masyarakat, terutama generasi muda, kami percaya bahwa anak muda adalah agen perubahan yang bisa membawa dampak positif. Kami akan terus berinovasi dan memberikan wadah untuk mereka agar dapat mengembangkan potensi terbaik mereka,” ujar Pandu Setio, Head of PR & Brand Communication Department PT Sharp Electronics Indonesia.