Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Maruarar Sirait melalui Tim Penanganan Pengaduan Masyarakat memantau pembayaran pengembalian dana tahap pertama untuk 13 orang konsumen Apartemen Meikarta senilai Rp3,5 miliar. Meikarta merupakan proyek apartemen di Cikarang yang dikembangkan oleh Lippo Group.
Menurut Maruarar, Lippo Group telah menepati janjinya untuk mengembalikan dana pembelian Apartemen Meikarta milik konsumen bahkan proses pengembaliannya lebih cepat dari perjanjian saat proses mediasi pertama.
“Saat ini 13 orang konsumen Meikarta telah dilakukan pengembalian dana dengan total senilai Rp3,5 miliar. Tentu kita mengapresiasi Lippo Group yang menepati janjinya untuk mengembalikan dana sesuai permintaan konsumen Meikarta dengan proses pengembalian yang juga lebih cepat dari kesepakatan,” ujarnya.
Dari kesepakatan awal pada 23 April 2025 lalu, proses pengembalian dana akan dilakukan dalam tiga bulan tapi proses pertama ini bisa dilakukan dalam waktu kurang dari satu bulan. Kementerian PKP telah melakukan mediasi antara konsumen dengan Lippo Group langsung dengan CEO-nya James Riady.
Proses pengembalian ini merupakan tindak lanjut dari penanganan pengaduan masyarakat melalui kanal Pengaduan Konsumen Perumahan Terpadu Bantuan Edukasi dan Asistensi Ramah untuk Pengaduan Konsumen Perumahan (BENAR-PKP) yang diluncurkan Kementerian PKP pada 26 Maret 2025.
Pada pertemuan tersebut disepakati kalau Lippo Group sebagai pengembang Apartemen Meikarta akan mengembalikan dana konsumen apabila berkas dokumen sudah lengkap. Konsumen Meikarta pun telah melakukan penyerahan berkas dokumen kepada petugas penanganan pengaduan masyarakat.
“Proses pengembalian memang belum semua konsumen tapi ini merupakan salah satu upaya kami untuk membantu konsumen Meikarta, mohon maaf kalau belum semua bisa happy tapi ini merupakan upaya kita semua menyelesaikan permasalahan ini. Ke depan sistem informasi akan terus diperkuat untuk kemudahan masyarakat konsumen mengenai proses pengembalian dana secara terbuka,” imbuhnya.
CEO Lippo Group James Riady menyatakan siap untuk melakukan pengembalian dana konsumen Meikarta apabila semua berkas yang diperlukan telah lengkap. “Terima kasih juga atas dukungan Menteri PKP dan akan saya pastikan bila semua berkas lengkap pasti akan kami selesaikan proses pengembalian dananya,” pungkasnya.