Tahun 2024 menjadi momen yang sangat baik bagi produsen elektronik Sharp. Berbagai produk yang dihadirkan sepanjang tahun 2024 telah mendapatkan apresiasi dan antusiasme masyarakat hingga brand berhasil meraih berbagai penghargaan yang kian memperkuat posisinya di pasar.
Sepanjang tahun 2024 Sharp telah meluncurkan serangkaian produk peralatan rumah tangga (home appliances) seperti Sharp Purefit Mini Series, TV Aquos XLED Series dengan teknologi mini LED, rangkaian mesin cuci front loading, hingga smartphone Aquos Sense8.
Untuk memperkuat positioning-nya, Shrap juga memperkenalkan produk small home appliances seperti rice cooker dan vacuum cleaner serta flagship smartphone Aquos R9 yang dilengkapi kamera Leica untuk mengukuhkan posisinya di pasar teknologi.
Konsisten melahirkan berbagai produk serta menjaga kualitas maupun layanan purna jual, Sharp meraih sejumlah penghargaan seperti Indonesia PR of The Year 2024, Indonesia Brand Communication Excellence 2024, dan Indonesia Customer Satisfaction Achievement Award 2024.
Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia Shinji Teraoka mengatakan, merupakan kebanggaan atas berbagai pencapaian yang diraih selama tahun 2024. Berbagai penghargaan yang diterima juga dijadikan motivasi untuk terus berinovasi dan memberikan produk terbaik bagi konsumen.
“Tentunya kami sangat senang bisa melalui tahun 2024 dengan menorehkan capaian yang baik. Penghargaan Best Platinum yang kami terima untuk tiga kategori berbeda dan produk lemari es dan mesin cuci Sharp meraih penghargaan ini untuk ke-22 kali berturut sejak tahun 2002,” katanya.
Penentuan pemenang di Indonesia Best Brand Awards 2024 dilakukan melalui riset nasional yang dilakukan oleh MARS, lembaga penelitian terkemuka di Indonesia dengan melibatkan 5.000 responden (dengan tipe responden rumah tangga dan juga persona) yang diambil di enam kota besar di Indonesia (Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Malang dan Banjarmasin).
Riset ini mengukur berbagai aspek seperti brand awareness, persepsi kualitas, loyalitas konsumen, dan tingkat kepuasan pelanggan, yang semuanya mendukung prestasi luar biasa Sharp di pasar Indonesia.
Di ajang Selular Editor’s Choice 2024, Sharp Indonesia meraih dua penghargaan bergengsi. Aquos Sense8 dianugerahi penghargaan The Best Smartphone: Strongest and Unique, berkat desainnya yang elegan, kekuatan yang luar biasa, dan fungsionalitas yang memuaskan.
Kemudian produk Mesin Cuci Sharp terpilih sebagai The Best Washing Machine mendapatkan pengakuan atas teknologi canggih, efisiensi energi, dan kualitas pencucian yang sangat baik.
Sharp Indonesia juga meraih prestasi di bidang hubungan masyarakat dan branding activation. Pada ajang PR Program of the Year 2024, Sharp meraih penghargaan di beberapa kategori termasuk Marketing PR Program dan Internal PR Program. Program-program unggulan seperti Sharp Factory 10th Years Anniversary Carnival dan Content Creator Hunt 2024 meraih predikat Very Good, sementara program Purefit Mini Series mendapat predikat Good.
Kampanye Sharp Bersedekah 2024: Food for Good, yang fokus pada tanggung jawab sosial perusahaan mendapat pengakuan sebagai salah satu kampanye yang sangat berhasil dalam menjangkau audiens dan menciptakan dampak positif. Kampanye ini menerima penghargaan excellent berkat keberhasilannya dalam menghubungkan merek dengan masyarakat secara bermakna.
Dalam ajang Indonesia Brand Communication Excellence 2024, Sharp Indonesia meraih penghargaan di beberapa kategori digital. Kampanye Sharp Bersedekah 2024: Food for Good menerima penghargaan excellent di kategori Digital Campaign, berkat dampak sosial yang luar biasa dan penerimaan positif dari masyarakat. Selain itu, Sharp Greenovation juga mendapatkan penghargaan Good di kategori Integrated Brand Campaign, serta Very Good di kategori Digital Campaign.
Sharp juga mendapatkan penghargaan untuk layanan purna jualnya di ajang Indonesia Customer Experience Award 2024, pemilihan pemenang ini berdasarkan hasil survei terhadap 5.000 responden yang merupakan pelanggan produk atau jasa yang tinggal di 6 kota besar (Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar) kemudian seluruh responden diwawancarai secara langsung ataupun online dengan menggunakan aplikasi mobile survey dengan pertanyaan terstruktur.
“Tahun 2024 telah membawa banyak pencapaian luar biasa bagi kami dan kami optimistis tahun 2025 akan memberikan tantangan baru yang lebih besar. Kami siap meluncurkan lebih banyak produk inovatif untuk terus memberikan yang terbaik bagi konsumen Indonesia,” pungkas Teraoka.