Generasi muda milenial dan Gen Z merupakan segmen pasar utama yang disasar kalangan pengembang untuk menawarkan produk properti khususnya unit apartemen. Satu hal yang harus dipahami dari milenial maupun Gen Z adalah hunian yang bisa memenuhi lifestyle kebutuhannya.
Karena itu konsep hingga fitur-fitur tepat sangat penting dihadirkan di proyek apartemen terlebih yang menyasar kalangan ini. Beberapa hal penting yang harus ada itu antara lain sarana dan fasilitas untuk mendukung dunia kerja yang banyak ditekuni oleh generasi muda.
Konsep pengembangan campuran atau mixed use bisa menjadi jawaban untuk kalangan ini. Sebuah kawasan superblok menyediakan berbagai fungsi di satu kawasan mulai hunian, fasilitas, hingga tempat bekerja yang didukung dengan aksesibilitas mudah.
Pengembang PT Jaya Real Property Tbk (JRP) misalnya, menghadirkan Bintaro Creative District yang ditujukan khusus untuk generasi muda khususnya para pekerja kreatif dengan menawarkan konsep creativepreneur untuk para pelaku UMKM supaya lebih produktif dan berani melakukan eksplorasi terkait strategi maupun produknya.
Bintaro Creative District juga mengusung pilar Thinking untuk menghadirkan ruang-ruang inspiratif dan kolaboratif. Harapannya dengan konsep ini bisa memberikan kemudahan bagi para pengusaha muda dan pekerja kreatif untuk memulai membangun usahanya di tempat ini.
Menurut General Manager JRP Arum Prasasti, sebagai pengembang pihaknya bukan hanya menghadirkan produk tapi juga konsisten untuk mendorong dan menginspirasi individu dari kalangan pengusaha muda serta creativepreneur untuk berani memulai dan konsisten menghasilkan karya terbaiknya.
“Kami berharap dengan peran nyata dalam perkembangan sektor UMKM dan creativepreneur melalui kawasan Bintaro Creative District salah satunya melalui Tower Creativo. Ini merupakan hunian vertikal dengan konsep one stop living terbaru bagi profesional muda yang kreatif di kawasan Bintaro Creative District,” katanya.
Tower Creativo ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para entrepreneur dari kalangan milenial maupun generasi Z untuk live, create, dan collaborate. Bintaro Creative District merupakan pengembangan dari Bintaro Plaza Residence dengan luas 11,8 hektar kemudian berkembang menjadi 19,5 hektar.
Awalnya kawasan ini dikembangkan untuk hunian vertikal yang terintegrasi dengan Bintaro Plaza dan kini dilengkapi Bintaro Creative District hingga menjadi kawasan TOD yang terintegrasi dengan Stasiun Pondok Ranji. Segmen harga yang disasar juga menyesuaikan dengan segmen ini yaitu mulai Rp600 jutaan yang bisa dicicil mulai Rp2 jutaan per bulannya.
Kawasannya juga telah dilengkapi dengan fasilitas kesehatan, pendidikan, hingga lifestyle untuk menghadirkan konsep smart living. Tower Creativo hadir dengan konsep untuk mendukung aktivitas UMKM dengan menyediakan berbagai fasilitas yang tepat seperti area kolaborasi atau exhibition, CoWorking Space, Creative Office, dan sebagainya.
“Bintaro Plaza sendiri sudah lama menjadi ikon di Bintaro Jaya hingga berkembang dengan adanya Creative Box untuk pengalaman berbelanja dengan suasana semi outdoor dan berfungsi sebagai area kolaborasi komunitas,” imbuh Arum.
Hal lain yang dihadirkan untuk memperkuat konsep kawasannya yaitu ruang-ruang terbuka untuk sarana eksplorasi hingga Taman Ekosistem seluas 6 hektar yang dikembangkan dengan Grup Taman Safari untuk fasilitas rekreasi edukatif berwawasan konservasi lingkungan.