Sejak didirikan tahun 2009 lalu, layanan Kereta Wisata KAI terus menarik minat masyarakat. Sepanjang triwulan ketiga 2025, pengguna Kereta Wisata tumbuh mencapai 92,84 persen dengan melayani 60.384 pelanggan. Kereta Wisata KAI juga diakui sebagai pelopor pariwisata berbasis kereta api di Indonesia.
Menurut Vice President Public Relation PT Kereta Api Indonesia (KAI/Persero) Anne Purba, peningkatan pengguna ini menjadi bukti kalau masyarakat semakin menghargai kenyamanan dan keunikan pengalaman berwisata dengan kereta api.
“Kereta Wisata menghadirkan perjalanan yang sarat cerita sehingga pelanggan dapat menikmati suasana hangat bersama keluarga ataupun kolega dengan lebih eksklusif dan berkelas selama perjalanan,” ujarnya.
KAI mencatat capaian tertinggi tahun ini terjadi pada Juli 2025 dengan total 9.813 pelanggan yang menikmati layanan Kereta Wisata. Bulan tersebut bertepatan dengan musim liburan sekolah dan Hari Raya Idul Adha di mana banyak keluarga dan rombongan perusahaan memilih menjelajahi keindahan Indonesia dengan cara yang lebih santai dan nyaman.
Kereta Wisata sendiri hadir dengan berbagai pilihan kelas dan tema yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Tersedia Kereta Wisata Nusantara, Bali, Toraja, Sumatera, Jawa, Imperial, Priority, dan Retro. Masing-masing dirancang dengan interior elegan, fasilitas lengkap, serta nuansa yang menghadirkan pengalaman perjalanan tak terlupakan.
“Setiap kereta memiliki karakter unik, ada yang bernuansa klasik dengan sentuhan heritage, ada juga yang modern dan mewah. Semuanya kami rancang agar pelanggan dapat merasakan pengalaman berwisata yang istimewa bahkan sebelum tiba di tujuan,” imbuhnya.
Layanan ini sangat cocok bagi rombongan perusahaan, sekolah, instansi, komunitas, maupun keluarga besar yang ingin melakukan perjalanan bersama dengan suasana lebih eksklusif. Baik untuk gathering, studi wisata, maupun kegiatan dinas, Kereta Wisata menghadirkan kenyamanan seperti berada di hotel berjalan dengan pemandangan indah yang lengkap dengan ruang rapat, hiburan, dan service terbaik di setiap perjalanan.
“Pada akhirnya peningkatan layanan Kereta Wisata merupakan bagian dari komitmen KAI dalam menghadirkan experience perjalanan yang menyenangkan dan berkesan. Kami ingin masyarakat menjadikan perjalanan itu sendiri sebagai bagian dari liburan dan bersama Kereta Wisata setiap perjalanan adalah momen yang pantas dirayakan,” pungkas Anne.