Pengembangan properti merupakan bisnis jangka panjang bahkan setelah proyeknya jadi dan beroperasi. Perlu terus di-up date berbagai kebutuhan untuk terus mewujudkan hunian yang aman, nyaman, dan inovatif.
Untuk mewujudkan itu, pengembang PT Adhi Persada Properti (APP) menghadirkan Taman Melati Parents Representative atau Tamara berupa virtual asisten yang dihadirkan untuk memberikan kemudahan kepada penghuni.
Menurut Corporate Secretary APP Ridhati Ummi Waskitarini, virtual asisten Tamara merupakan inovasi yang dihadirkan APP untuk menjawab keresahan orang tua ketika anaknya berada di perantauan atau jauh dari rumah.
“Aplikasi Tamara menjadi sistem pendamping berbasis komunikasi yang dirancang khusus untuk menjadi jembatan komunikasi antara pengelola apartemen dan orang tua penghuni khususnya kalangan mahasiswa,” ujarnya.
Tamara hadir di beberapa proyek APP khususnya yang dekat kampus (apartemen kampus). Diantaranya, Taman Melati Surabaya (MERR) yang dekat Universitas Airlangga (Unair), Taman Melati Yogyakarta, dekat Universitas Gadjah Mada (UGM), Taman Melati Jatinangor dekat Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Grand Taman Melati Margonda yang dekat Universitas Indonesia (UI).
Tamara juga dihadirkan untuk memperkuat APP sebagai pengembang properti dan komitmennya untuk terus berinovasi. Sebagai anak perusahaan BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk, APP hadir bukan hanya menyediakann produk properti sesuai kebutuhan tapi juga update dengan berbagai perkembangan khususnya kebutuhan konsumen yang dalam hal ini kalangan mahasiswa sekaligus untuk memberikan rasa aman bagi orang tua.
Virtual asisten Tamara akan berperan sebagai jembatan komunikasi yang memudahkan orang tua mendapatkan informasi terkait kehidupan anaknya selama tinggal di apartemen. Melalui kanal WhatsApp Business resmi yang dikelola tim Tenant Relations, Tamara akan memberikan informasi ringan terkait hunian sekaligus menjadi kontak darurat yang dapat dihubungi kapan saja.
Konsep virtual asisten ini dirancang untuk responsif terhadap berbagai kekhawatiran orang tua, melayani pertanyaan umum, serta tetap menjaga privasi penghuni tanpa menyebarkan informasi yang sifatnya pribadi tanpa izin.
Diluncurkan sejak akhir Juni 2025, saat ini layanan Tamara masih fokus untuk mendampingi penghuni di Apartemen Kampus Taman Melati yang berada di Surabaya, Yogyakarta, Jatinangor, dan Margonda. Fitur ini juga direspon sangat baik khususnya oleh para orang tua. Sebagai contoh, saat ada mahasiswi yang sakit di Taman Melati Surabaya, proses dari apartemen ke UGD dibantu oleh staf dari Tamara sehingga sangat membantu orang tua yang tidak tinggal di Surabaya.
Melalui sistem ini pihak pengelola juga dapat menyampaikan berbagai informasi penting mulai dari kegiatan rutin, kondisi lingkungan, hingga hal-hal darurat yang membutuhkan perhatian orang tua.
“Tentunya hal ini menjadi kenyamanan tersendiri karena mahasiswa yang tinggal di apartemen yang kami kelola bukan hanya mendapatkan fasilitas hunian yang lengkap tapi juga pendampingan yang memastikan mereka dalam pengawasan yang baik. Ke depan kami akan terus mengevaluasi untuk perluasan maupun penambahan vitur dengan melihat kebutuhan serta dinamika untuk memberikan manfaat optimal bagi semua pihak,” pungkas Ridhati.
APP didirikan pada tahun 2002 yang bermula dari unit bisnis Adhi Realty yang dibentuk Adhi Karya pada tahun 1993. Unit bisnis ini bertransformasi menjadi perusahaan mandiri dan berganti nama menjadi Adhi Persada Properti pada tahun 2012.
APP bergerak di bidang pengembangan hunian (apartemen dan perumahan), gedung komersial, serta pengelolaan properti dan telah dikenal sebagai pengembang dengan spesialisasi apartemen kampus di berbagai kota besar Indonesia. Beberapa portofolio proyeknya antara lain Taman Melati Margonda, Grand Taman Melati Margonda, Taman Melati Jatinangor, Grand Dhika City Jatiwarna, Taman Melati Surabaya MERR, dan lainnya.


