Hingga Agustus 2025 penyaluran kredit konsumen (bank only) Bank BRI mencapai Rp216,26 triliun atau tumbuh sebesar 10,65 persen secara tahunan (yoy). Situasi ini membuat Bank BRI terus memperkuat perannya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui ekspansi krefit konsumer yang inklusif dan berkelanjutan.
Menurut Corporate Secretary Bank BRI Dhanny, pertumbuhan kredit konsumer yang cukup tinggi Bank BRI ditopang oleh meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap berbagai produk unggulan perusahaan yang salah satunya adalah salary-based loan khususnya dari BRIguna.
“BRIguna mencatat outstanding per Agustus 2025 sebesar Rp143,4 triliun atau tumbuh 9,8 persen (yoy). Selain itu KPR juga menunjukkan kinerja yang solid dengan outstanding sebesar Rp63,7 triliun atau naik 13,5 persen dan jadi yang tertinggi dibandingkan penyaluran kredit lain seiring tingginya kebutuhan masyarakat akan hunian,” katanya.
Penyaluran KPR Bank BRI menjadi kredit yang tumbuh paling tinggi dan Bank BRI akan terus mendorong pertumbuhan segmen konsumer dengan tetap selektif. Portofolio konsumer dengan prinsip kehati-hatian dan tata kelola yang baik sehingga dengan kualitas kredit yang terkendali maka penyaluran kredit konsumer akan terus tumbuh sehat sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
Seiring dengan pertumbuhan kredit yang solid itu, Bank BRI tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran kredit. Hal ini tercermin dari kualitas pembiayaan di segmen konsumer yang terjaga dengan baik. Dengan kualitas kredit yang terjaga Bank BRI optimistis dapat terus menumbuhkan portofolio kredit konsumer secara sehat.
Secara berkelanjutan Bank BRI juga terus memperkuat kapabilitas di segmen retail banking termasuk melalui produk BRIguna yang telah menjadi market leader. Dalam hal ini Bank BRI melakukan akuisisi nasabah payroll berkualitas guna mendukung pertumbuhan BRIguna serta memperluas portofolio KPR dengan mengakuisisi nasabah new to bank (NTB) yang berorientasi pada profitabilitas.
Di sisi lain, Bank BRI juga tengah melakukan revamping layanan Wealth Management untuk menarik nasabah affluent dan high net worth individual (HNWI). Akhirnya, pertumbuhan kredit konsumer Bank BRI ini mencerminkan kepercayaan masyarakat yang semakin kuat terhadap layanan Bank BRI.
“Melalui produk unggulan seperti BRIguna dan KPR, Bank BRI tidak hanya menyalurkan pembiayaan tetapi juga menghadirkan solusi keuangan yang inklusif, berkelanjutan, dan berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat,” imbuh Dhanny.